DESA PANJALU KECAMATAN PANJALU KABUPATEN CIAMIS

Mangan Karana Halal, Pake Karana Suci, Ucap Lampah Sabenere

Sejarah Pedang Zulfikar

Pedang Zulfikar (sumber: http://ajilbab.com/)

Pedang Zulfikar adalah sebuah pusaka di daerah Panjalu peninggalan seorang raja, yaitu Raden Kian Santang. Pedang ini dilestarikan oleh warga Panjalu dengan mencucinya pada saat acara Nyangku dengan pusaka-pusaka lainnya.

Menurut Riki Sejati (17), seorang pelajar di Panjalu, pedang Zulfikar ini didapatkan Raden Kian Santang dari gurunya yang berasal dari tanah Arab yang bernama Sayyidina Ali. Sayyidina Ali memberikan pedang pada saat Raden Kian Santang pulang ke kampung halaman sebagai hadiah atas pengabdian Raden Kian Santang telah menjadi muridnya selama bertahun-tahun.

Sayyidina Ali tidak hanya memberikan sebuah pedang tapi Ali juga memberikan segayung Air Zam-zam yang tumpah di daerah Panjalu yang kini menjadi sebuah situ yang menjadi tempat wisata di daerah Panjalu yang dikenal dengan Situ Lengkong Panjalu dan memberikan sebuah Jubah Putih.

Did you like this? Share it:
This entry was posted in Budaya. Bookmark the permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Isian wajib ditandai *

*

Anda dapat memakai tag dan atribut HTML ini: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

  • Dokumentasi #Nyangku

    Klik tautan di atas untuk melihat lebih lanjut dokumentasi #Nyangku 2013 di Panjalu

  • Tulisan Terakhir

  • Komentar Terakhir

  • pengunjung panjalu.desa.id
  • Meta



  • Desa ini merupakan anggota jaringan :